Ads
6.06.2012

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dan Tidak Rewel Dimalam Hari

On 6.06.2012 | 16.09.00 with 10 comments
baby
Saat malam hari seringkali orangtua tidak dapat tidur dengan nyenyak karena bayinya sering terbangun. Jika orangtua ingin bayinya tidur lebih lama di malam hari, maka ubahlah cara tidur bayi pada siang hari sehingga bayi lebih nyenyak ketika tidur malam.

Bayi yang diberi makan sesuai waktu saat bayi lapar dan menggendongnya dipangkuan ibu selama siang hari akan membuat tidur siangnya seperti pola tidur-tidur ayam. Ini akan berguna untuk menghemat waktu tidurnya dan akan memiliki waktu tidur malam yang lebih lama.
Sebenarnya siklus tidur bayi lebih singkat daripada siklus tidur orang dewasa, karena bayi memiliki masa tidur yang tidak lelap lebih banyak dibandingkan tidur lelapnya. Karena definisi medis untuk tidur sepanjang malam adalah tidur dalam waktu lima jam terus menerus.
Bayi biasanya terbangun 2-3 kali setiap malamnya sejak bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, 1-2 kali untuk usia 6 bulan hingga satu tahun dan terbangun 1 kali pada usia satu hingga dua tahun.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa membuat bayinya tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti dikutip dari The Baby Book karangan William Sears dan Martha Sears:

  1. Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. cobalah untuk memberi makan bayi setiap 3 jam sekali di siang hari.
  2. Gendonglah bayi pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.
  3. Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun di malam hari. Kenakan baju tidur bayi yang tepat.
  4. Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya bayi dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.
  5. Rebahkanlah bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi. Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.
  6. Buatlah tempat yang tenang untuk tidur bayi. Umumnya bayi bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.
  7. Setiap bayi berbeda temperamennya, ada bayi yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri bayi sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali.Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur.

Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat bayi lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang, sehingga bayi tidak akan sering terbangun di malam hari. Demikian 7 tips agar bayi anda tidur nyenyak dan tidak rewel dimalam hari. Semoga bermanfaat.
Description: Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dan Tidak Rewel Dimalam Hari Rating: 4.5 Reviewer: Aulia MP - ItemReviewed: Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dan Tidak Rewel Dimalam Hari

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung,semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat.dan jika anda menyukai artikel diblog ini Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel via email dari Abitalita Blog.


Your information will not be shared. Ever.

10 komentar:

  1. terimakasih infonya mas. kalo sempat kunjungan balik gan.
    http://anomali-dunia.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama sob,thk buat kunjungannya..

      Hapus
  2. betul sekali tuh bayi dibawah enam bulan memang harus ekstra hati hati dan penuh perhatian....

    BalasHapus
  3. bisa disimpen neh buat nanti kalo punya banyi,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..di do'ain deh biar cpt punya baby :)

      Hapus
  4. salam kenal sob makasih artikelnya sangat membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama salam kenal juga sob :)

      Hapus
  5. thanks info yang sangat berguna

    BalasHapus
  6. wah. . .
    jadi pengen cepat2 punya
    momongan.
    Hahahahagahahahaha

    BalasHapus
Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan Video youtube, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE DISINI</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS DI SINI...</i>

Jika ingin menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar

Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.

Konversi Kode di SiniEmoticon