AABI‍TALITA BLOG
6.15.2012

6 makanan penghancur lemak

Tidak hanya olahraga saja yang bisa membakar lemak. Beberapa makanan tertentu, juga disebut-sebut efektif membantu penghancuran lemak dan membuat tubuh lebih ramping. Dikutip dari Genius Beauty, sejumlah penelitian telah mengungkap enam makanan yang efektif membakar lemak. Tapi para peneliti menekankan, hasilnya tidak serta merta langsung terlihat dalam waktu singkat. Perlu kesabaran dan ketelatenan untuk dapatkan hasil yang diinginkan.

Apa saja makanan yang direkomendasikan sebagai penghancur lemak? Ini dia!

1. Pir
Buah pir sangat rendah kalori dan kaya akan serat. Selain itu, buah ini juga mengandung catechin dan flavonoid, dua antioksidan yang mampu menghancurkan lemak hewani (yang biasanya menumpuk di area perut). Konsumsilah buah pir setiap hari, dengan cara yang sobat sukai; dijus atau dimakan mentah. Sobat bisa memakannya sebelum sarapan, makan siang atau makan malam.

2. Popcorn
Berondong jagung, atau populer disebut popcorn ternyata tidak hanya menjadi camilan favorit saat nonton di bioskop. Popcorn yang tidak ditambahkan pemanis atau garam juga bisa sobat jadikan makanan untuk diet. Jagung termasuk dalam kelompok biji-bijian utuh seperti gandum utuh, buckwheat atau beras merah yang mengandung karbohidrat kompleks --yang perlu waktu lama dicerna tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Gantilah keripik kentang, cookies atau kraker dengan popcorn sebagai camilan sobat. Tapi ingat, jangan tambahkan garam, gula atau mentega.

3. Kentang Dingin
Jika ingin mengganti nasi sebagai karbohidrat dengan kentang rebus, sebaiknya jangan dimakan saat panas atau baru matang. Kenapa? karena kentang dingin mengandung glymecic index lebih rendah dibandingkan kentang panas.

Glycemic Index (GI) adalah ukuran dari dampak karbohidrat pada tingkat gula darah. Dengan rendahnya GI dalam sebuah karbohidrat, maka makanan tersebut akan lebih lama diproses oleh tubuh sehingga kadar glukosa dalam darah dapat dipertahankan dalam batas normal. Sebaliknya, makanan dengan GI yang tinggi akan membuat glukosa dalam darah meningkat tajam dan turun dengan tajam pula. Singkatnya, makanan dengan GI rendah akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentunya sangat baik untuk menghindari makan berlebihan.

Makanlah kentang dingin bersama sayuran segar atau yang direbus setengah matang, misalnya brokoli, wortel, tomat, selada, paprika dan ketimun. Untuk sumber protein, bisa menambahkan tofu, ikan salmon atau daging dada ayam tanpa kulit.

4. Kacang dan Biji-bijian
Meskipun sering dituding penyebab kegemukan, lemak sebenarnya merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Hanya saja, sobat perlu cermat memilih jenis lemak dan mengonsumsinya dalam kadar normal. Lemak yang sehat, biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan asam lemak tak jenuhnya mencegah obesitas, penumpukan lemak jahat serta penambahan berat badan berlebihan. Konsumsilah makanan ini sebagai camilan pengganti permen atau cookies. Tapi bagi yang punya alergi kacang atau susu, konsumsinya sebaiknya dihindari.

5. Teh
Sejak dulu, teh dikenal sebagai minuman kesehatan yang efektif merampingkan tubuh. Menurut sejumlah penelitian, sel lemak menyerap 70% lebih sedikit asupan lemak berkat konsumsi teh putih. Singkatnya, teh bisa menghancurkan lemak yang tersimpan dalam sel-sel lemak. Mengonsumsi 1 cangkir teh hijau/putih 5 kali sehari, bisa bantu membuat tubuh sobat lebih ramping.

6. Cuka Apel
Masih banyak kontroversi seputar pemakaian cuka apel untuk melangsingkan tubuh. Dalam cuka apel, terkandung acetic acid yang bisa menstimulasi pembakaran lemak dan mencegah akumulasi lemak dalam tubuh. Tapi rasanya yang sangat asam berbahaya bagi lambung, terutama penderita maag. Sebenarnya, cuka apel cukup aman, hanya saja dengan pemakaian yang benar.

Cuka apel bukan untuk diminum, melainkan digunakan sebagai salad dressing, tambahan penyedap dalam masakan atau campuran jus serta minuman lain. Singkatnya, konsumsilah dengan bijak dan tidak berlebihan.



Semoga bermanfaat..

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.