AABI‍TALITA BLOG
6.14.2012

Jus Penurun Darah Tinggi

Masyarakat kita sudah lama memanfaatkan seledri dan timun untuk meringankan gangguan tekanan darah tinggi. Banyak jenis masakan yang menggunakan seledri, tak hanya untuk menambah sedap, tetapi karena berkhasiat bagi tubuh. Selain kerap dimakan selagi segar, beberapa daerah pun memiliki minuman khas berbahan timun agar mendapatkan manfaat sehatnya.

Timun demikian dikenal sebagai bahan pangan penurun hipertensi berkat kandungan sejumlah mineral seperti potasium dan magnesium, serta kaya akan serat. Dalam studi DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) juga ditemukan bahwa responden yang diberi makanan tinggi potasium, magnesium, dan serat mengalami penurunan tekanan darah hingga ke ukuran yang lebih sehat.

Sayuran seledri tak kalah potensial sebagai penurun hipertensi. Penelitian ilmu kedokteran barat dan para praktisi pengobatan Cina mengakui bahwa seledri mengandung zat aktif phthalides yang dapat merilekskan otot-otot di sekitar arteri, sehingga pembuluh darah melebar. Darah pun kemudian dapat mengalir lebih lancar. Phthalides juga mengurangi hormon stres yang bisa menyebabkan tegangnya pembuluh darah.

Dalam suatu penelitian laboratorium, phthalide yang diekstrak dari seledri ketika disuntikkan ke hewan coba terbukti dapat menurunkan tekanan darah 12-14 persen.

Selain itu, di dalam seledri juga terkandung magnesium, potasium, dan kalsium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Memang seledri juga mengandung sodium, yang bisa berefek buruk terhadap tekanan darah, tapi masih jauh lebih rendah daripada rekomendasi konsumsi sodium (garam).

Dalam pembuatan jus timun dan seledri ini sengaja ditambahkan jeruk lemon, yang selain membuat rasa lebih enak juga bermanfaat pula untuk tekanan darah. Potasium yang terkandung juga dalam air jeruk dapat membantu mengontrol tekanan darah supaya lebih sehat.

Berikut ini beberapa macam jus yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi

1. Jus Timun Lemon

Bahan-bhan :
1 buah timun ukuran besar
1/2 buah jeruk lemon

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Gunakan juicer untuk mengambil sarinya. Jus antihipertensi siap dikonsumsi.

2. Jus Seledri Wortel

Bahan-bahan :
3 batang seledri besar dengan daunnya
2 buah wortel besar
1/2 buah jeruk lemon
1/4 bit ukuran kecil


Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Jeruk lemon sebaiknya dikupas kulitnya jika bukan dari jenis organik. Masukkan bahan-bahan ke dalam juicer untuk diambil sarinya. Tuangkan ke dalam gelas dan siap dihidangkan.


3. Jus Timun Seledri

Bahan-bahan :
3 batang seledri besar beserta daunnya
1 buah timun ukuran sedang
1/8 potong nanas
1 buah cabai rawit merah

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, dipotong-potong, lalu sedikit demi sedikit dimasukkan ke dalam juicer. Ambil sarinya, tuangkan ke dalam gelas, dan siap dihidangkan.

Demikian semoga bermanfaat.

2 komentar

trims apresiasinya gan :)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.