AABI‍TALITA BLOG
6.24.2012

Kanker Dan Plastik

 Dioxin adalah bahan kimia yang menyebabkan kanker, terutama kanker payudara. Dioxin sangat beracun untuk sel tubuh kita. Dr. Edward Fujimoto, Manager Program Kesehatan dari Castle Hospital, pada sebuah tayangan di televisi mengemukakan bahaya dan ancaman kesehatan dari dioxin ini. Dia juga mengatakan bahwa kita tidak boleh memanaskan makanan kita di Microwave menggunakan tempat atau wadah plastik. Hal ini terutama harus diterapkan kepada makanan yang mengandung lemak/minyak.

Dr. Edward mengatakan bahwa kombinasi dari lemak, panas yang tinggi, dan plastik akan melepaskan dioksin dari plastik ke dalam makanan dan akhirnya masuk ke dalam sel tubuh kita. Dr. Edward menyarankan penggunaan tempat makanan / minuman dari bahan tempered glass / kaca seperti Pyrex atau keramik  untuk memanaskan makanan. Dengan begitu kita tetap dapat mencapai hasil yang sama, tanpa menghasilkan dioksin.

Makanan cepat saji seperti mie instan, soup instan dan makanan instan lainnya yang menggunakan wadah plastik atau stryrofoam harus dikeluarkan dari wadahnya dan dipanaskan di wadah non plastik.

Wadah kertas tidak buruk tetapi sobat tidak tahu bahan apa yang terkandung di wadah kertas itu. Dr. Edward mengingatkan bahwa beberapa tahun yang lalu, beberapa dari jaringan retail makanan siap saji beralih dari pembungkus styrofoam ke pembungkus karton/kertas. Dioxin adalah salah satu penyebab utama hal ini.

Dr. Edward juga menunjukkan bahwa plastik wrap yang biasa dipakai untuk membungkus bahan mentah di supermarket sama bahayanya saat dipakai untuk dipanaskan di dalam microwave oven. Pada saat makanan dimasak di dalam microwave, panas yang tinggi akan menyebabkan racun yang berbahaya mencair keluar dari plastik wrap/pembungkus dan masuk ke dalam makanan. Sebaiknya makanan itu ditutupi dengan kertas tissue sebelum dipanaskan di microwave.

Kini ada beberapa plastik generasi baru yang microwave safe tetapi bukan berarti bahwa dengan mencantumkan logo microwave safe menunjukkan bahwa container tersebut 100% bebas dioxin terutama produk-produk China yang tidak jelas standarnya.

Botol air di dalam mobil sobat bisa berbahaya

Inilah penyebab Sheryl Crow mengidap kanker payudara. Sheryl Crow mengatakannya pada acara Ellen Show dengan detil. Hal ini telah diidentifikasikan sebagai penyebab utama  dari tingginya angka kasus kanker payudara, terutama di Australia.

Seorang ibu didiagnosa mengidap kanker payudara dan sang dokter memberitahukan bahwa wanita tidak boleh meminum air dari botol plastik yang ditinggal di dalam mobil yang terjemur sinar matahari langsung mengekspos ke botol plastik tersebut.  Dokter itu menyatakan bahwa panas dan plastik dari botol air memiliki beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker payudara yang lebih detilnya disebut sebagai racun dioxin yang masuk ke dalam air. Racun Dioksin ini dapat ditemukan di jaringan payudara dan mengendap di situ yang akan mentrigger sel kanker. Sebaiknya gunakan botol air dengan bahan stainless steel atau botol gelas kalau memungkinkan.

2 komentar

pakai botol polar usa, atau nalgene outdoor, atau sigg buatan swiss atau korwater semua bebas racun bpa bebas kanker. memang mahal sih bisa sekitar rp.200.000 tapi awet saya sudah pakai polar hampir 2 tahun dan awet

BOTOL POLAR ADA INSULASI THERMAL, PALING BAGUS!

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.