AABI‍TALITA BLOG
9.13.2013

Tips Aman Menjelajah Dunia Maya!!

Dunia Maya
Dunia dalam genggaman...mungkin itu yang sering dibilang orang saat bicara tentang internet,internet atau sering juga disebut dunia maya merupakan suatu media yang mempunyai jaringan begitu luas dan tidak terbatas oleh kepentingan satu golongan, siapapun bisa berpartisipasi didalamnya, internet seperti jaringan sarang laba-laba yang kelihatannya begitu lembut akan tetapi memiliki kekuatan yang sangat kuat. dia seperti pisau bermata dua, tergantung siapa yang mengendalikannya.

Kerena begitu tipisnya jarak antara manfaat dan keburukan yang ada didalamnya tentu kehati hatian sangat diperlukan sebelum kita memasuki dunia maya.berikut sedikit tips aman dalam berselancar di dunia maya :

Niatkan untuk menambah ilmu dan wawasan
Gunakanlah media internet ini sebagai sarana untuk menjadikan kita lebih membuka wawasan.lebih maju,dan lebih pintar,serta menjalin persahabatan dan tali selaturahmi dengan pengguna lainnya baik itu melalui blog,sosial media dan yang lainnya.

Berdo'a sebelum memulai.
Berdoa sebelum memasuki dunia maya sangat dianjurkan minimal membaca Bissmilah dengan begitu mudah mudahan kita bisa terhindar dari keburukan,karena jalan-jalan yang akan kita lalui didunia maya ini penuh dengan persimpangan dan tikungan dan tidak jarang berujung pada jurang kematian, setiap pintu dan jendela yang kita buka kebanyakan berhiaskan dengan fitnah dunia.

Tentukan terlebih dahulu apa yang akan kita butuhkan sebelum memulai.
Bukalah media internet ketika kita mempunyai suatu keperluan, dan setelah selesai dari kebutuhan kita terhadapnnya maka segera tinggalkan sebelum dia dapat memperdayai kita dengan banyak cara.

Jadikan internet sebagai budak dan jangan kita yang diperbudak.
Tidak jarang pada sebagian dari kita yang mengeluh ketika sehari saja tidak berselancar didunia maya, kita merasa seolah tidak punya semangat,badan terasa letih, pegal, pusing dan lain sebagainya. ini pertanda kalau kiat sudah menjadi budak dunia maya. Jika keadaannya sudah seperti ini maka banyak banyaklah beristighfar dan kita harus mampu melatih diri untuk tidak terlalu bergantung pada internet.

Berikan batasan waktu
Tentukanlah berapa waktu yang kita perlukan dalam menggunakan media internet,karena seringnya kita akan menghabiskan banyak waktu sampai tugas dan pekerjaan yang lain jadi terlupakan.

Tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Meninggalkan hal hal yang tidak bermanfaat sangatlah dianjurkan begitu juga ketika kita berada di dunia maya,oleh karenanya kita harus pandai memilah mana yang mermanfaat untuk kita dan mana yang tidak sehingga kita bisa terhindar dari keburukan dunia maya.
Demikian semoga bermanfaat....

25 komentar

Berikan batasan waktu ya? kadang memang suka kelupaan dg waktu kalau lagi blogwalking hehe

Izin baca aja deh :)

@Catcil Ku:ia mabk BW memang kegiatan yang menyenangkan,makanya suka lupa waktu..hehe thx sudah mampir.

@Tati Rachmawati:silahkan mbak thx apresiasinya :)

nitip ya http://androitan.blogspot.com/

stalking facebooknya mantan termasuk hal2 yang tidak bermanfaat, maka tinggalkanlah :D

saya lebih suka dengan kata-kata jangan jadi budak internet :)
good post! :)

seringya sih kebablasan waktunya mas, diperbudak oleh waktu dan internet, huh sebel kalau sudah berjam jam di depan monitor lupa segalanya

nah ini yang perlu di tinggalkan mbak, heheh

Bagus sekali blog dan artikel :)
saya izin follow dan mohon follow blog http://upiseo.blogspot.com/
terima kasih :)

memang sudah menjadi akibatnya pak :D

makasih buat tipsnya kang, saat ini memang harus selektif ketika berselancar, salah-salah malah hal negatif yang diakses

niat dan batasan waktu memang penting untuk berselancar di dunia maya. agar kita bisa lebih dewasa dalam memanfaatkan internet. thanks atas sharing nya :)

ia kang kadang kalo kelamaan suka nyasar ke tempat gelap..hehe

betul itu mbak..thx sudah mampir

nanti mau diambil lg ga mas :D

Jangan lupakan antivirus gan biar malware tidak masuk :)

www.agiel13.com

nah yang itu juga ga kalah penting mas.. :-)

Tips yang sederhana tapi membawa manfaat yang besar, selain mencegah maksiat juga menghemat pulsa modem hehe

jangan sampai diperbudak internet ya.. hmmm bener juga ya... nice infonya mas :)

dan kalo belum siap mental jangan coba coba masuk ke deep web. ini jarang orang yang tahu, padahal 90% lebih content internet ada disini. untung saja google tak merambah sampai kesana sehingga orang cuma bisa menjelajah permukaannya saja...

wah infonya jos gandos mas cuma karena dikasi tau jadi penaaran mau coba ke sana,,hehe..

bagi info bisni nya donk

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.