AABI‍TALITA BLOG
9.04.2013

Cara Menggunakan keyword Yang Tepat Untuk Web/Blog


keyword

Menyambung postingan saya tentang Menentukan Keyword yang Tepat Untuk Web/Blog.pada artikel ini akan saya bahas tentang bagaimana menggunakan keyword yang tepat dan melihat kekuatan web lain dalam hal SEO agar mempunyai peluang mendapatkan peringkat di SERP (Search Engine Result Position).

Namun sebelumnya saya perlu jelaskan bahwa saya bukan seorang yang ahli seo apalagi master seo,saya hanya kebetulan mengetahui info ini dan ingin berbagi dengan sobat semua.jadi mohon di maklum jika ada kesalahan dan kekeliruan,oke kita lanjut lagi pembahasannya.

Selain pemilihan keyword yang tepat yang banyak dicari orang kita juga harus tahu betul keyword apa yang pas buat kita agar mendapatkan page one (halaman pertama pada search engine),kebanyakan dari kita biasanya terlalu terburu buru dalam menentukan sebuah kata kunci sehingga tidak dapat meraih page one dan mengakibatkan postingan kita tidak muncul di search engine.sehingga peluang mendapatkan pengunjung dari search engine menjadi hilang.

Apabila kita memilih keyword yang banyak dicari orang seperti "cara membuat blog gratis" , keyword ini sudah mencapai 12.100 untuk Global Monthly Searches nya (nilai yang cukup tinggi).bisa dibayangkan banyaknya orang yang mengetikkan kata kunci tersebut,tetapi yang perlu diketahui biasanya kata kunci seperti ini digunakan oleh para master SEO sehingga jika kita menggunakan kata kunci yang sama maka sulit rasanya bisa menang di page one.jadi mencari keyword yang Global Monthly Searches nya 300 juga sudah cukup lumayan.

Setelah kita mencari keyword yang banyak di ketikkan orang selanjutnya kita tinggal mengecek keyword tersebut apakah berpeluang masuk ke dalam page one atau tidak.berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecek lawan/web lain di SERP dengan menggunakan sebuah software yang bernama Serp Attacks.Sedikit membahas tentang software Serp Attacks. software ini juga bisa menjadi pengecek SERP, terkadang saat kita mengetikkan dengan kata kunci pada sebuah posting blog kita di google maka akan muncul blog kita tetapi kadang ini salah karena google akan menampilkan web/blog yang pernah dikunjungi atau faktor lain dan bukan sebenarnya maka dengan bantuan software ini akan jelas berada  di urutan mana kah blog kita di SERP.

Nah langsung saja kita lanjut dengan tutorialnya :

1. Download dulu softwarenya  DISINI  tinggal pilih yang free atau yang Pro,yang pro tentu akan lebih baik.
2. Instal aplikasi dan diakhir proses instal kita diminta memasukan nama dan email untuk registrasi.
3. Selanjutnya kita dapat mengecek kekuatan lawan dengan software ini,caranya klik tab SERP ANALIZER dan masukan kata kunci pada kolom yang disediakan selanjutnya klik Search,sebagai contoh saya mengetikkan kata "SEO" pada kolom keyword.seperti pada gambar berikut :

serp analizer

4. kemudian akan muncul daftar situs yang berada di page one dengan kata kunci yang kita masukan tadi.hasilnya seperti gambar berikut :

serp analizer

Dari contoh diatas terlihat wikipedia yang memiliki jumlah backlink 2.099.160 diikuti dengan blogjuragan yang memiliki backlink 4.131 dan seterusnya.disamping kolom backlink kita juga bisa melihat kolom Page Rank dari masing masing web/blog.nah dari data di atas bisa disimpulkan jika blog kita masih lemah dalam hal SEO kemudian kita menggunakan keyword ini maka besar kemungkinan tidak akan muncul di page one bahkan mungkin hingga puluhan page berikutnya.

Lalu bagaimana cara kita mencari keyword yang baik dan tepat buat blog kita? mungkin tips berikut bisa sedikit membantu :

  • Gunakan Keyword yang digunakan web/blog lain yang berada di page one nya memiliki jumlah dibawah 50. 
  • Jangan memilih keyword yang di page one nya ada web/blog yang memiliki site link. 
  • Gunakan Keyword yang web/blog lain yang page one nya  urutan 1 sampai 3 memiliki pagerank dibawah 3 dan pada urutan 4 - 10 memiliki pagerank dibawah 3 dengan aturan penghitungan jumlah pagerank masing - masing pagerank situs yang berada di rank 4 - 10 dibagi 10.

Contoh :
Berdasarkan gambar diatas page rank masing masing situs yang ada di urutan 4 - 10 dengan keyword " SEO  " adalah :

Rank ( Posisi ) :
Situs
Pagerank
4
moz
0
5
Seobook
6
6
Seochat
6
7
Searhengineland
6
8
Thequardian
0
9
Seo-usa
6
10
joomace
7
Sekarang tinggal kita jumlahkan dari masing masing page rank diatas :
0 + 6 + 6 +  6 + 0 + 6 + 7 = 31
Kemudian kita bagi dengan 10
31 : 10 = 3.1

Dari tips diatas sudah dijelaskan harus berada dibawah 3 namun dari hasil penjumlahan pagerank tadi hasilnya 3.1 maka dapat dipastikan jika kita menggunakan kata kunci tersebut akan sangat sulit untuk masuk ke page one.

Setelah semua langkah diatas dilakukan selanjutnya sering seringlah melakukan Ping ke Google ping, agar setiap artikel yang kita terbitkan cepat terindeks oleh search engine.

Demikian yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan Cara Menggunakan keyword Yang Tepat Untuk Web/Blog,semoga bermanfaat.

27 komentar

https://lh4.googleusercontent.com/-1348KXnJLrg/UcO-m4HpOXI/AAAAAAAAADE/4Qv7chc983U/s912/Untitled.png

Mohon Dijawab mas.. pertanyaanyya.. Please?

Ternyata page rank dan site link pada sebuah blog..berpengaruh di page one ya mas..
Trims ya mas buat ilmu nya :)

sama sama mas budi :-)

ganti kode ini
#outer-wrapper{width:990px;margin:0 auto;padding:0 0 15px;text-align:left;font:normal normal 11px Verdana,Geneva,sans-serif;position:relative}


dengan kode yang ini mas
#outer-wrapper{width:990px;background:#fff;margin:0 auto;padding:0 0 15px;text-align:left;font:normal normal 11px Verdana,Geneva,sans-serif;position:relative}

jadi sebelum memutuskan keyword mana yang akan diambil harus dianalisa dulu ya

Ikut ngintip mas, sekedar belajar.. soalnya saya masih gagap seo...

wah sama aja mas saya juga,kita sama sama blajar aja :D

ia mbak sehingga keyword yang dipakai nantinya betul2 bisa berfungsi dengan baik :)

Postingan yang cukup menarik yg memberikan pengetahuan baru buat saya yang masih awam tentang seo, terimakasih sobat udah berbagi...

sama sama mas marnes,terima kasih sudah mampir :)

cukup mumet juga untuk meriset sebuah keyword dan kemudian membuat artikel original, tapi jika kita berperang dalam page one google dan berhaaasil tentunya kepuasan tersendiri lho mas aulia, hehehe

ya itu dia mas agus walaupum memang perlu kerja ekstra diawal :-)

Pak mau tanya, SERP itu kepanjangan dari Search Engine Result Position atau Search Engine Result Page? Mohon pencerahannya master :)

secara umum memang diartikan dengan Seaarch Engine Result Page,namun SERP yang saya maksudkan berkaitan dengan sebuah tool untuk mengecek posisi web/blog pada search engine sehingga SERP bisa juga diartikan dengan istilah Search Engine Result Position (setidaknya menurut member sebuah forum yang pernah saya lihat) .kira kira begitu mbak, CMIW :D

owh berarti bisa diartikan seperti itu juga ya pak. wah saya malah baru tahu hehehe :D soalnya jarang main ke forum-forum pak :D

terimakasih banyak pak atas pencerahannya :)

jadi keyword itu gimana mas?? kayak judul artikel gitukah? masih kurang paham saya ^^'

terimakasih infonya, tapi saya mau tanya, web saya backlinknya ada 11 ketika pake serp analizer, tapi setelah di cek koq ga ada 11 ya?

makasih mas, bagus banget..... coba saya aplikasikan di blog saya http://www.kampungmebeljepara.com/
mohon dilihat n tlg koreksinya ya. makasih mas

maksudnya true dan false itu apa mas?

tips yang patut di pertimbangkan mengingat ane adalah blogger pemula

makasih sob infonya, kalau berkenan kunjungi balik ya sob
serupting.blogspot.com

Wah semakin ketat ya mas persainganya.

terima kasih info dan tutornya
ditunggu kunjungan ke tempat saya di hargapolesmarmer.com

Haturnuhun, aa, teteh, informasinya :)
http://goo.gl/1NWvpq

thx mas sangat membantu

Wah ini artikel yang sangat baik dan bermanfaat, saya juga bisa memanfaatkannya sebagai Vimax Center Jakarta Obat Pembesar Penis terima kasih atas informasinya.
Link Terkait :
memuaskan istri menuju keluarga harmonis
solusi memuaskan pasangan
cara membuat bahagia pasangan
solusi memuaskan pasangan bercinta

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.