AABI‍TALITA BLOG
7.15.2013

Tips Khusyuk Dalam Sholat

Assalamu alaikum sob,apa kabarnya mudah mudahan sehat semua ya,gimana sama puasanya sudah ada yg bolong belum? biasanya sih saat memasuki sepuluh hari kedua ibadah kita dibulan mulia ini udah mulai banyak gangguannya nih baik itu puasanya ataupun ibadah yang lain seperti sholat,apalagi yang lebaran nanti punya acara mudik keluarga dari sekarang dah kebayang deh repotnya acara mudik.sampe sampe kepikiran saat kita sedang sholat .dan pastinya ini akan mengurangi kualitas kekhusyukan kita dalam beribadah.

Ngomong ngomong soal khusyuk dalam sholat..gimana ya agar sholat kita tergolong sholat yang khusyu? Sebenarnya ada banyak cara. Tapi cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan dahulu hati dan fikiran dari pengaruh godaan syetan. Karena sering kali hati dan fikiran kita nggak terfokus mengigat Allah ketika dalam sholat.

Terus gimana caranya membersihkan hati dan fikiran ? Caranya perbanyaklah melakukan amalan sunnah setiap hari secara rutin. Karena dengan melakukan amalan-amalan sunnah setiap hari, maka hati, badan dan fikiran kita akan bersih dari pengaruh syetan dan penyakit hati. kalo diibaratkan seperti kita mandi gitu lah kira kira. Kalau setiap hari mandi kan badan jadi bersih selalu.Tapi kalau jarang mandi badan jadi kotor dan baauuu penampilan jadi dekil and the kumel..hehe..

Nah begitu juga dengan hati . Ia akan selalu bersih Apabila kotoran-kotorannya selalu dibuang dengan cara beramal sholeh.Kita ambil saja contoh suatu amalan yg paling bagus khasiatnya untuk mengusir syetan atau penyakit hati, yaitu:

1.Sholat Malam  atau Tahajjud
Jika kita mengamalkannya dalam tiga hari berturut-turut. Maka 1 sampai 2 hari kedepan sesudahnya kita akan merasakan ketenangannya. (Surat: Ar-ra'd ayat 28 & Al-fath ayat 4). Bukan cuma ketenangan dalam hati, tapi juga dalam fikiran ketika kita sedang melakukan sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Dari mulai niat, takbiratul ihrom sampai salam, dijamin tidak ada fikiran-fikiran yg mengganggu alias khusyuk dan tenang. Karena pengaruh yg mengganggu hati & fikiran ketika kita sedang sholat itu sesungguhnya adalah syetan.

2. Itikaf
Ini adalah contoh mudahnya .Cobalah setelah selesai sholat Maghrib berjamaah di masjid, kita lakukan zikir tanpa henti atau membaca Al-Quran juga boleh (I'tikaf) sampai masuk waktu Isya. Lalu ketika kita memulai sholat Isya, pasti kita akan merasakan perubahan berupa ketenangan (kekhusyukannya). Fikiran-fikiran yg mengganggu ketika dalam sholat menjadi hilang total seperti dalam keheningan. Hati yg mungkin sebelumnya emosi atau menggerutu menjadi ikhlas karena Allah. Saat itulah kita bisa fokus mengingat Allah.

3. Banyak berdzikir & Baca Quran
Inilah contoh yang lebih mudahnya lagi. Cobalah setelah sholat fardhu kita membiasakan diri dengan berzikir Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, masing-masing 33x ditutup dengan lailahaillallahu-wahdahu-laa syarikalahu-dst (sesuai sunnahnya) ditambah baca Quran sehabis maghrib.Amalan ini haruslah rutin dilakukan tiap hari. Setelah kita mengamalkannya, dijamin tdk ada fikiran-fikiran yg mengganggu (khusyuk) ketika kita sedang sholat.

Nah mungkin itu sedikit tips agar sholat kita menjadi khusyuk,mudah mudahan bermanfaat,selamat menjalankan ibadah puasa semoga puasa dan  ibadah kita yang lainnya dibulan suci ini diterima Allah SWT. amin...

12 komentar

banya berzikir dan baca uran itu ampuh mas... saya sudah mengalaminya..

mantap tips-nya, berat juga nglakuinnya .. he he

lumayan mas,,tp lumayan jga hasilnya :)

Setuju juga mass .. :-D

★ http://www.adadeny.com/

Yang utama NIAT nya mas ... hehhee

★ http://www.adadeny.com/

patut saya pertimbangkan karena saya termasuk tidak khyusu dalam sholat, pasti deh ingat sana sini

Tips sangat bermanfaat sob

terima kasih mas fian

lama tidak pernah salat malam. ingin khusuk dalam salat, godaan dunia sangat kuat.

Terimakasih banyak pak atas tips yang anda berikan. Saya akan mencobanya agar bisa sholat dengan khusyu' :)

menenangkan hati biar khusyuk dalam shalat ^^, salam kenal kak ..

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.