AABI‍TALITA BLOG
5.10.2013

Mengurangi Berat Loading Blog Dengan Tool Compress

timbang blog sobat
Memikili blog dengan kecepatan loading yang baik tentunya menjadi harapan setiap pemilik Website/blog.karena blog yang ringan akan sangat disukai oleh pengunjung karena tidak menghabiskan banyak waktu hanya untuk menunggu halaman web/blog terbuka.blog blog yang berat dalam meload sebuah halaman biasanya memiliki kode kode yang cukup banyak baik itu kode css,HTML ataupun JavaScript.

Idealnya memang pemasangan kode kode tersebut haruslah dibatasi artinya hanya kode yang dianggap perlu saja yang kita masukan kedalam web/blog.sehingga tidak akan memberatkan loading halaman blog,tapi bagaimana jika memang kode tersebut tetap harus dimasukan walaupun dengan resiko blog menjadi berat dan lambat.tentunya harus disiasati bagaimana agar blog dengan banyak kode tapi tetap ringan saat membuka halaman,salah satu cara adalah dengan mengcompress kode kode tersebut.nah dari hasil googling saya menemukan beberapa situs penyedia tool compress yang bisa sobat coba untuk mengurangi berat blog.

1. Compress bagian kode CSS template blogger/blogspot.
Kode CSS itu biasanya terletak antara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> atau bisa juga antara <style type='text/css'> dan </style>. untuk meng-compress kode tersebut sobat bisa menuju ke situs berikut ini :

http://www.csscompressor.com/
http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor
http://www.minifycss.com/css-compressor/

Caranya tinggal pastekan saja kode dari template sobat kedalam kotak yang disediakan dan  hasilnya copy pastekan lagi kedalam template.

2. Compress pada Bagian kode HTML template blogger/blogspot.
Untuk template blogspot kode HTML itu  biasanya berada diantara <body> dan </body>. untuk meng-compress kode tersebut sobat bisa masuk kesini :

http://www.textfixer.com/html/compress-html-compression.php
http://htmlcompressor.com/compressor.html
http://www.digitalcoding.com/tools/compress-html.html

Caranya masih sama dengan cara pertama

3. Compress pada Bagian kode JavaScript template blogger/blogspot.
Kode JavaScript atau (.js) letaknya biasanya diantara kode <head> dan </head> pada template atau tergantung penempatannya. untuk mengcompress kode Javascript sobat bisa masuk kesini :
http://refresh-sf.com/yui/
http://javascriptcompressor.com/
http://jscompress.com/
http://refresh-sf.com/yui/

Sebagai catatan lakukan compress pada kode yang dibutuhkan saja, kode CSS, kode HTML atau kode JavaSriptnya,sesuaikan saja dengan kebutuhan,jika dirasa masih berat bisa melakukan compress pada kode yang lainnya.dan jangan lupa untk membackup dulu template sobat untuk jaga jaga jika terjadi masalah.Demikian tips kali ini mengenai Cara mengurangi Berat Loading Blog Dengan Tool Compress semoga bermanfaat.

19 komentar

Blogku semakin berat semenjak dirombak. sudah saya kurangi widget tetepa aja masih terasa bera. Salah satunya memang harus main kompres.

ia mas tapi jangan terlalu banyak,disesuaikan aja sama kebutuhan :)

Hmmm, saya pernah coba pakai metode compres html, tapi kok malah komennya gak bisa bales gitu ya... jadi gak jadi deh.. :-?

hehe ia mas memang kadang suka terjadi eror kaya gtu mungkin harus lebih diteliti lagi memilih bagian kode yang akan dicompres.thk sudah mampir mas wahyu :)

kalo berat berarti blognya lagi demam ya, bro..?
itu kompresnya pake air anget apa air es...

*sambit panci

eh verifikasi katanya ilangin dong
bikin berat loading neh

hahaha bisa aja mas rawins,yang ada malah ga bisa ngblog gara gara kompinya gosong :))

ok kang nanti dipikirkan biar bisa lebih enteng :-)

kadang sudah sedikit saja, masih terasa berat. jadi bosan ngeblog jadinya :)

menurut agan ,blogku berat kagak ?

kalo menurut saya blog bas djangkaru sudah cukup ringan mas coba aja di cek disini mas http://abitalita.blogspot.com/2012/03/generator-website.html

walaupun memang idealnya size blog tidak bole lebih dari 100Kb

saya juga pernah kayak gitu. kalo ga salah javascriptnya berubah, saya juga dapet tutornya di blog kang ismet.
cari aja, judul postnya "Mengatasi Error Pada Tombol Reply Komentar yang Tidak Bisa di Klik"

wah ada pencerahaan ni, trims infonya mas

keren nih bang..
ijin bookmark dulu, kalo ada waktu boleh dicoba..

silahkan mas fajar

berarti g bisa sembarangan compress ya mas heheheh :)

betul mas,untuk menghindari terjadinya eror pada template sebaiknya sedikit hati2 atau kalo ngga dibackup dulu templatenya :D

trims apresiasi dan kunjungannya mas syaifur :)

Aku malah bingung mas begitu aku kompres blognya malah banyak template2 yang jadi mati ;-( jadi ga sembuh ;-( tolong bantuannya dong mas atau bisa cek blog saya :))

Terima kasihnya atas infonya, loading lama sering batalin berkunjung

Thanks gan infonya, visit me back gan http://www.flashponsel.com

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.