AABI‍TALITA BLOG
4.24.2013

Melihat Dari Sudut Pandang Yang Berbeda

Ada dua orang anak selalu berkelahi. Dalam banyak hal, mereka tak pernah akur. Mereka selalu berselisih paham. Saat yang satu berpendapat A, maka yang lain pasti punya pendapat yang berbeda. Mereka lakukan hal ini dimana saja. Di sekolah, di rumah, ataupun di tempat bermain. Tentu saja, hal itu sangat merepotkan guru mereka. Karena, mengganggu orang lain.

Suatu pagi ibu guru memanggil kedua anak itu. Ia meminta mereka masuk ke dua ruangan berbeda. Ruangan itu hanya dipisahkan sebuah tembok, namun ibu guru masih dapat melihat apa yang dilakukan mereka berdua dari kejauhan.

Di ruangan itu terdapat meja dengan selembar kertas yang terhampar di atasnya. Ibu guru meminita mereka menyebutkan apa warna kertas itu. Ah, lagi-lagi mereka berselisih paham. Anak yang pertama bilang, "Kertas itu Putih!" Dari ruangan sebelahnya terdengar teriakan, "Bukan, bukan putih, kertas itu berwarna hitam." Putih! Hitam! Putih!!! Hitam!!! Terdengar suara bersahutan.

Suara mereka itu semakin riuh. Perdebatan kedua anak itu semakin sengit. "Hey, dasar buta warna, apa kamu tidak bisa melihat? kertas itu putih, thu!" Anak kedu atak mau kalah. "Buta warna? Hei, apa kamu tidak bisa membedakan antara hitam dan putih? Jelas-jelas itu kertas hitam."

Mendengar itu semua, ibu guru berkata, "Tenang tenang, anak-anak. Sekarang, coba, kalian kemari." Ia mengajak kedua anak itu menghampirinya. "Nah, sekarang, coba kalian berpindah tempat dan katakan apa warna kertas yang ada di atas meja itu."

Kedua anak itu menurut. Mereka berpindah ruangan. Anak pertama berkata. "Hmm. Hii.Hii.. Hitam, Bu." Di ruangan lain terdengar suara yang serupa. Anak yang kedua berkata, "Putih, Bu."

Keduanya benar. Ternyata, ibu guru menyiapkan dua kertas yang berbeda buat mereka. Ia agaknya ingin memberikan hikmah bahwa saat mereka berselisih paham bisa jadi sesungguhnya kedua anak itu benar. Tak ada yang salah dengan pendapat mereka. Hanya mungkin mereka melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda saja.

Begitulah kita. Kita sering seperti dua anak kecil yang berselisih paham. Kita kerap berseteru, bermusuhan, dan tak pernah akur dalam banyak hal, dalam banyak situasi. Sayangnya, kita kerap pula tak mau mengalah, tak mau memahami, tak mau mengerti, dan tak mau mendengarkan 'suara" orang lain. Kita sering berpatokan pada diri sendiri dan menganggap semua pendapat kita dalah benar adanya.

Memang, ya memang, tak pernah ada kata keliru untuk berbeda pendapat. Tak ada yang salah dengan keragaman. Namun, agaknya kita harus lebih sering untuk bersatu dalam beberapa saat. Kita harus lebih sering untuk mengerti, mau memahami, dan mau mendengarkan orang lain. Kita harus lebih sering untuk mau "mengintip" ruangan lain, sebelum kita mulai "menyebutkan warna."

Kadang, kita terlalu tinggi hati untuk mengakui keberadaan orang lain. Kita enggan untuk menyetujui pendapat mereka. Bukan karena pendapat mereka yang salah, tapi karena kita tak mau merasa dikalahkan. Kita sering terpesona dengan rasa picik dan tak suka jika ada orang yang lebih baik. Kita memilih untuk tetap berpatokan pada diri sendiri dan membenarkan semua langkah yang kita perbuat.

Tentu kita semua sependapat bahwa akan selalu ada kebenaran jika kita memandang dengan cara yang berbeda, persepsi yang berbeda, dan sudut pandang yag berbeda. karena memang tak ada kebenaran yang hakiki, kecuali milik Illahi Robbi.

Mari kita  coba untuk memahami persepsi orang lain dan mendalami presepsi kita sendiri sebelum kita berselisih paham.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.