AABI‍TALITA BLOG
4.28.2013

Hikmah Sebuah Kegagalan.

Tidak ada satu orang pun didunia ini yang tidak pernah merasakan kegagalan, karena manusia terbaik sekelas Nabi Muhammad SAW pun sering mengalami kegagalan, kalah perang, penolakan terhadap ajakan dakwahnya dan lain sebagainya. Apa lagi kita yang hanya sebagai manusia biasa semestinya harus lebih terbiasa dengan kegagalan walaupun sebetulnya lewat kegagalan itulah  kita mendapat banyak ilmu baru, setidaknya kita  mengetahui cara yang salah, yang bisa menjadi pelajaran dimasa depan agar tidak terulang kembali.



Kita adalah makhluq yang lemah, segala kekuasaan ada ditangan Allah dan kita tidak punya kontrol sama sekali kecuali sebagian kecil saja atas ijin Allah. oleh karena itu tentu saja kegagalan akan sering menemui disepanjang perjalanan hidup kita.Dan jika kita selalu menyikapi dengan baik setiap kegagalan yang datang sebenarnyalah kita sedang belajar tentang hikmah sebuah kegagalan :

Kegagalan dapat memberikan kekuatan.
Anggaplah kegagalan yang terjadi pada diri kita merupakan suatu latihan. Dengan latihan kita akan lebih tegar. Semakin sering kita latihan akan semakin kuat dan akan semakin terampil kita melakukannya.

Kegagalan adalah ladang mendapatkan pahala. 
Jika kita menyikapi kegagalan dengan sikap yang baik dan bijak, yaitu dengan shabar, kita akan mendapatkan pahala dari Allah. Kegagalan bisa merupakan ujian bagi kita. Bisa juga memang Allah menginginkan kita gagal disuatu tujuan, karena itu bukan yang terbaik bagi kita.

Kegagalan dapat menggali potensi diri. 
Dengan kegagalan kita akan berusaha mencari cara-cara baru dan strategi-strategi baru untuk mencapai hasil yang diinginkan. Secara otomatis kita akan menggali lebih dalam potensi yang kita miliki, bahkan mungkin saja potensi yang selama ini tersembunyi. Semakin sering kita gagal, akan lebih tergali potensi-potensi yang kita miliki.

Kegagalan mampu mengembangkan kreatifitas. 
Kita akan mencari ide-ide baru yang bisa kita gunakan atau kita pilih untuk mendukung tujuan kita. Terkadang ide-ide muncul pada saat kita telah berkali-kali gagal. bertanyalah setelah kita gagal, adakah cara lain? Adakah ide lain?

Jika demikian kenapa harus takut gagal? Seorang Anak berkali-kali jatuh mengendarai sepeda sebelum dia dengan ceria bersepeda. diluar sana banyaksekali  cerita-certia kegagalan yang justru menjadi awal sebuah kesuksesan. Yang penting jangan berhenti setelah gagal. Masih ada ribuan cara dan masih ada ribuan ide untuk kita gunakan meraih mimpi.

10 komentar

pepatah mengatakan "kegagalan adalah guru keberhasilan" kalau ga salah mas :>)

kegagalan awal dari kesuksesan kata orang bijak sih, tapi saya kok sering gagalnya :)

betul bgt mas panjz,tp jgn berguru terus nanti keburu tua ga smpet ngerasain sukses :))

berarti ilmunya akan lebih banyak mas :-)

saya pernah gagal dalam trading sekarang masih refresh dulu, tidak tau apakah saya nanati bangkit atau hanya berhenti disini

Jangan patah semangat mas agus,kegagalan bukan alasan untuk stop action.terus berusaha dan mencari peluang itu yang terbaik :-)

trims sudah mampir :)

aku setuju sama semua itu sob.. kegagalan memberikan banyak pelajaran berharga bagi kita... bukanlah sesuatu yg patut membuat kita larut dalam kekecewaan. searusnya bisa membuat kita makin kuat

betul mbak,jgn mudah menyerah dengan kegagalan,maju terusss :-)

Ini sebuah pelajaran yang sangat berharga buat saya.
(h)

trims apresiasinya mas,pelajaran berharga juga buat saya tentunya :)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.