AABI‍TALITA BLOG
3.04.2013

Cara Terampil Menulis Artikel

Saat kita membaca atrikel dibeberapa blog, tentu kita akan merasakan suasana yang berbeda-beda antara blog yang satu dengan yang lainnya. itu semua tergantung dari cara dan gaya seorang blogger mengekspresikan karyanya melalui tulisan pada blog yang dikelolanya.Ada yang bernuansa serius, biasa biasa saja,penuh canda tawa sampai ajang narsis dan lain sebagainya.kesemuanya itu merupakan hal yang wajar wajar saja dilakukan karena  itu adalah cara bagaimana mengundang pengunjung sebanyak banyaknya kedalam blog.



Namun dari kesemuanya itu haruslah juga di perhatikan beberapa hal dan etika yang mungkin akan lebih mendongkrak trafik sebuah blog.berikut adalah etika yang cukup penting yang harus dilakukan khususnya dalam hal menulis sebuah artikel ,kita sebut saja etika ini dengan  istilah  C-L-E-A-R :

1. C = Ceruk (Fokus)

Artinya dalam menulis sebuah artikel hendaklah kita harus fokus pada satu pembahasan.sehingga dalam membaca suatu artikel pengunjung tidak merasa dibingungkan dengan pembahasan yang berbeda beda tetapi masih dalam satu judul artikel.

2. L = Logis ( Mudah Difahami )

Artinya dalam menulis sebuah atrikel hendaknya selalu menggunakan bahasa yang mudah difahami dan dimengerti oleh pengunjung blog.hindari penggunaan bahasa yang mengandung banyak arti atau gaya bahasa yang terlalu tinggi sehingga sulit untuk difahami oleh pengunjung yang sudah tentu memiliki kemampuan dan yang berbeda beda.

3. E = Ekspresif ( Antusias dan energik )

Artinya dalam menulis sebuah artikel hendaklah dilakukan dengan penuh antusias energik dan semangat yang kuat karena artikel yang kita buat secara tidak langsung akan mewakili karakter dari sipembuat artikel tersebut.sehingga pada saat membaca isi artikel pengunjung akan memiliki perasaan yang sama dengan kita saat kita membuat artikel tersebut.


4. A = Argumen (Alasan yang kuat )

Dalam Menerbitkan sebuah artikel atau postingan kita harus bisa menyertakan alasan yang kuat mengapa orang harus mengunjungi blog kita dan membaca artikel yang kita buat.sampai sejauh mana kepentingannya dan seberapa besar manfaatnya.

5. R = Runut ( Sistematis )

Susunan artikel secara sistematis sangat dibutuhkan agar pembaca tidak merasa bingung menterjemahkan dan memahami apa yang kita tulis oleh sebab itu susunan poin per poin dari isi artikel mestilah sangat diperhitungkan.

Demikian beberapa etika yang musti ada saat kita menulis sebuah artikel sehingga pada gilirannya akan mampu mendongkrak trafik blog kita.terima kasih.

18 komentar

selamat pagi sobat....ke lima point di atas bisa siap saya laksanakan untuk membuat artikel nantinya....

Logis dan runut yang belum ada pada diri saya, pokoknya masih amburadul.

silahkan sob...trims sudah berkunjung :)

kita semua khususnya saya masih sama sama belajar sob :)

saya asal nulis saja sob....hihi jadi malu.
clear....mantap sob idenya,pas dan terbukti dengan artikel diatas.
jempol buat anda :)

ah mas reo bisa aja...biar asal nulis tp slalu kebanjiran comment desetiap postingannya..jadi "clear" mas reo adam penulis handal :)

wah ternyata hanya dengan CLEAR kita bisa terampil menulis ya sob, makasih sharingnya yah :)

sama sama sob muro :)

aku ga tau masuk yang terampil apa enggak ;(

kalo saya liat blognya mbak uswah termasuk punulis handal ni :D

Mantab..sayang saya ngak bisa menulis artikel seperti yang sobat terapkan di atas maklum bahasa indonesia nilainya di bawah rata rata * jadi malu...tapi akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik....semoga dengan saya membaca artikel ini menjadi motifasi bagi saya untuk lebih mempercantik tampilan artikel sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung blog ..sekali lagi Thanks..(Wassalam)

sama sama mas mahfid..saya juga sama mas dalam hal menulis artikel masih sangat jauh dari sempurna,maka itu saya buat tulisan seperti diatas,bukan karena saya sdh merasa bisa.tp semata mata memotifasi diri sendiri untuk terus belajar menulis yang baik dan benar..hehe,terima kasih mas atas kunjungannya.

masih perlu bnyak blajar neh, mesti diterapin cara CLEAR nya, spy tulisan bnar2 clear..trimksih sobat, sngat mmbantu

sama sama sob...saya pun begitu..mari sama sama kita belajar biar semuanya CLEAR :)

menjadi seorang good writer memang tdak mudah..perlu latihan terus menerus. Mantap artikelnya mas..!!

betul sob..perlu latihan secara terus menerus dan jgn mudah menyerah,trims buat kunjungan dan apresiasinya, salam....

OOT nih mas... :d

BTW blognya makin keren nih mas... artikelnya juga mantap, disimpan buat pegangan biar ga kepleset hehehehe...

Referensi nih biar formulis komentarnya selalu ada di atas kotak komentar, coba deh trik mas Mahfid http://karinafotocollection.blogspot.com/2013/03/pasang-formulir-komentar-di-atas-kotak.html
Sudah saya coba berhasi mas...

Dan untuk related postnya biar size image sama dengan kotaknya coba deh di sini http://www.maskolis.com/2012/03/membuat-related-post-thumbnail-dan.html
Cari komentar dari Adriano Martins, maskolis ngasih solusinya di situ...

Smileynya kereenn... :>)

makasi bgt om masukannya,memang dibagian itu yg blm sempat saya oprek lg,mumpung ada ref dri om kompi,langsung ke tkp naik ojek nih :D

untuk smile sy pake yg ini karena loadnya terasa lebih ringan dibanding yg lain ..makasi sekali lg :)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.