AABI‍TALITA BLOG
10.08.2012

Sejarah Singkat World Wide Web (www)

Tahukah sobat ketika World wide web (www) mendapat perhatian pengguna internet yang sangat besar yang tidak tersaingi oleh aplikasi internet manapun. sehingga Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian populernya sehingga kadang penyebutannya bercampuraduk dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya berbeda.

Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan awal dari didirikannya lembaga ini adalah untuk membantu para ahli fisika di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi materi penelitiannya.

Pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Oxford University yang berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti Fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal yang diberi judul “HyperText and CERN”. CERN adalah nema tempat Berners-Lee bekerja pada saat itu, yaitu kependekan dari Conseil European pour la Recherce Nucleaire, yang merupakan sebuah laboratorium riset bidang Fisika di Jenewa, Swiss.hingga Pada akhir tahun 1990, sebuah bentuk rancangan web berhasil dijalankan di sebuah mesin komputer NeXT. Saat itu, web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www, yang merupakan cikal bakal kelahiran WWW (World Wide Web).

Pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian, untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih menggunakan browser line-mode interface. Unutk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Pada tahun 1994, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas unutk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi tinggi. hingga Pada tahun 1993, sudah terdapat 130 server web di internet. berselang setahun jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web.

Sekarang ini web telah memiliki pengguna dalam jumlah yang sangat besar di luar lingkup akademis : kurang lebih 30% dari server web yang sedang beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial juga di sebagian industri, di mana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki telpon atau faks untuk tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat, web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.serta media lainnya.

Berikut ini adalah daftar-daftar browser yang digunakan untuk menjelajah internet Menurut data yang dikutip dari wikipedia:


    Grafis


    Browser berbasis Internet Explorer


    Browser berbasis GRML


    Browser berbasis KHTML


    Browser lainnya


    Berbasis Handphone


    Berbasis teks


    Browser lama yang tidak lagi dikembangkan


Sumber: wikipedia dan lainnya...



Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.