AABI‍TALITA BLOG
7.06.2012

Mengatasi Kebiasaan Ngompol Pada Anak

Para ahli menganggap mengompol sebagai masalah hanya jika itu berlanjut melewati usia 5 tahun. Mengompol dialami kira-kira 1 dari 3 anak berusia 4 tahun dengan jumlah anak laki-laki lebih banyak daripada anak perempuan. Mengompol bahkan umum di antara anak-anak usia prasekolah yang sudah biasa mengendalikan kantung kemihnya pada siang hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelumnya. Pada usia 6 tahun, 10% anak-anak belum juga lepas dari masalah ini. Diantara anak-anak berusia 10 tahun, lima persennya masih kesulitan untuk konsisten tidak mengompol.

Keturunan barangkali satu-satunya faktor paling penting dalam menentukan siapa yang mengompol. Jika salah satu orang tua biasa mengompol pada masa kecilnya, anak mempunyai 45% kesempatan mengalami masalah yang sama. Jika kedua orangtuanya dahulu biasa mengompol, 75% anak akan mengalami hal yang sama

Dahulu kebiasaan mengompol dianggap sebagai masalah psikologis. Namun sekarang diketahui bahwa faktor biologis memegang peranan lebih besar.

Beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab :
Kapasitas kandung kemih yang lebih kecil daripada rata-rata, sekalipun kandung kemih itu sendiri berukuran normal. Pada anak-anak seperti ini, sensasi ingin kencing terjadi lebih sering.
Anak-anak yang sering mengompol mungkin tidur lebih nyenyak daripada anak yang bukan pengompol
Lebih banyak menghasilkan urine daripada rata-rata anak karena produksi hormon antidiuretik (hormon yang mencegah pembentukan air seni)  yang tidak memadai.

Hal ini menjadi catatan penting bagi orang tua agar tidak menghukum, memarahi, atau mengolok-olok anak-anak yang sering mengompol. Bahkan hal itu akan memperparah situasi, karena harga diri anak jatuh dan anak akan kehilangan kepercayaan diri akan kemampuannya menghadapai masalah.

Tips untuk mengatasinya :
  1. Membatasi minum pada malam hari
  2. Menghindarkan anak mengkonsumsi coca-cola, teh, cocoa dan cokelat; karena semuanya mengandung kafein yang bersifat diuretik
  3. Jadwalkan pergi ke kamar mandi, sekali 30 menit sebelum waktu tidur, dan berikutnya tepat sebelum anak Anda diselimuti
  4. Pada siang hari bisa dilakukan ”latihan tidak mengompol”. Dr. Sheldon menjelaskan : ”Anak naik ke tempat tidur dan berpura-pura tidur. Setelah semenit, dia berpura-pura merasa ingin kencing, kemudian pura-pura bangun, turun dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi.” Tujuan pelatihan ini adalah mengakrabkan anak pada rutinitas meninggalkan tempat tidurnya, berjalan ke kamar mandi dan menggunakan toilet.
  5. Berikan pujian atau reward ketika anak berhasil tidak mengompol.
  6. Libatkan anak untuk membantu anda membersihkan tempat tidurnya, dalam suasana kerjasama yang baik, tanpa kemarahan.
  7. Jangan memperlakukan anak seperi bayi dengan memaksa dia mengenakan popokatau celana plastik, atau dengan tidak memperbolehkannya tidur di atas dipan biasa.
Demikian Semoga Bermanfaat....

3 komentar

Habis kalau tidak di kasih minum sebelum tidur jadi nangis deh

Bahaya Gonore Kencing Nanah Jika Dibiarkan - Semua jenis penyakit jika dibiarkan tanpa pengobatan pasti akan menimbulkan resiko tergantung jenis penyakit yang dialami. Sama halnya dengan penyakit gonore kencing nanah yang akan kami ulas. Penyakit gonore kencing nanah juga memiliki bahaya dan komplikasi bia dibiarkan terlalu lama.

Penyakit ini disebabkan karena bakteri cerdas nesseria ghonorea dan merupakan bakteri yang mampu mempertahankan diri pada tubuh penderitanya. Bakteri ini mampu membuat antibiotik resisten atau kebal sehingga pengobatan menggunakan antibiotik akan sulit dilakukan. Untuk itu jangan membiarkan terlalu lama karena akan berbahaya bagi penderitanya.

Untuk itu kami memberikan solusi pengobatan penyakit gonore di klinik apollo. klinik apollo merupakan salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin erbaik di jakarta.

Penyakit Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bisa menjadi permanen pada wanita dan pria. Pada wanita, gonore dapat menyebar ke uterus (rahim) atau tuba falopi (saluran telur) dan menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Gejala-gejala mungkin ringan atau bisa sangat parah dan dapat termasuk rasa sakit perut dan demam.

Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

Infeksi kulup | Cara efektif mengobati kulup panjang

Penyebab ejakulasi dini pria | Sunat orang dewasa

Pesan | Chatting gratis

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.