AABI‍TALITA BLOG
5.30.2012

Strategi Jitu Menjamin Blog Lebih Maju.

Ketika ada orang yang bertanya kepada sobat... apa tujuan sobat membuat blog? Jawaban sobat pasti beragam. Tapi, saya yakin bagi sobat yang terus menekuni dunia bloging pasti punya satu tujuan yaitu untuk menarik pengunjung sebanyak banyaknya yang pada gilirannya akan mendatangkan keuntungan dari blog itu sendiri.Tapi apapun tujuan sobat membuat blog, sobat pasti ingin blog sobat bertraffic tinggi. Ramai dengan komentar dan ada dalam peringkat top blogger. Maka ada baiknya kalau kita ikuti strategi para ahli blogger yang telah lebih dulu mencapai sukses.Antara lain:

1. Kerja keras, kerja keras, dan kerja keras
Blogger pemula sering mengira blogging itu mudah. Tapi, apakah benar-benar mudah? Ini jawaban rasa penasaran sobat :

  • Blogging itu perlu waktu dan kerja keras untuk menghasilkan posting yang kontinu.
  • Perlu konsistensi.
  • Perlu waktu untuk belajar banyak hal baru untuk mengelola blog sobat.

Tetapi yang terpenting, semakin sobat mengerahkan waktu dan upaya pada blog sobat, maka blog sobat akan semakin baik dan makin populer. Jika sobat hanya duduk dan menunggu, tentu ini tidak akan membantu blog sobat lebih baik. Jadi kuncinya sabar dan kerja keras!

2. Jadilah ahli di bidangnya
Agar bernilai bagi pembaca, sobat perlu tahu apa yang sobat bicarakan. Untuk itu, sobat bisa belajar sendiri, atau jika sobat seorang professional, berikan tips yang berguna bagi pembaca sobat. Sebaiknya pelajari apa saja yang berkaitan dengan tema blog sobat. Agar, nantinya sobat bisa membuat content yang tepat untuk pengunjung. Juga, semua yang sobat tulis jadi lebih berguna bagi pembaca sobat.

3. Kenali audience
Untuk menjadi ahli di suatu bidang, tentunya kita  harus tahu hal-hal ini :
  • Apa yang paling ingin diketahui oleh pembaca.
  • Gunakan kata-kata kunci yang sering digunakan pembaca sobat .
  • Temukan masalah-masalah yang mungkin dialami pembaca.
  • Jangan sungkan membantu pembaca menyelesaikan masalah mereka.

4. Mulai menulis sekarang juga
Jika sobat ingin mendapatkan sesuatu, sobat harus berusaha mendapatkannya
sekarang juga, bukan besok atau lusa! Jika sobat lamban, sobat bisa saja kehilangan gagasan menarik yang ada di kepala sobat saat ini! Dan, sobat akan tergilas masalah masalah baru dalam hidup sobat . Akhirnya sobat akan semakin lupa untuk menulis content blog sobat ! Sobat boleh punya sejuta alasan untuk tidak mengisi blog sobat . Tapi, sobat wajib menyimpan gagasan sobat. Sebisa mungkin buatlah draft agar sobat tidak cepat melupakan ide-ide brilian sobat.

5. Banyaklah menulis
Banyak menulis akan memudahkan sobat mendapat banyak pengunjung.Mengapa? Simpel saja. Karena sobat jadi produktif menulis. Dan, tulisan-tulisan yang unik, berkualitas dan menarik hanya bisa tercipta dari mereka yang produktif menulis. Nah, pengunjung itu hanya suka dengan content blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi mereka. Ok... apa tulisan sobat sekarang sudah berkualitas dan menarik? Kalau belum, sobat harus banyak menulis. Jika sobat sudah puas dengan hasil tulisan sobat , jangan senang dulu.... Apakah traffic sobat sudah sebanyak yang sobat inginkan? Apakah pembaca benar-benar menyukai posting sobat ? Kalau masih belum, berarti sobat harus terus menulis, menulis, dan menulis.

6. Simpan draft untuk posting sobat
Ketika sobat punya banyak waktu luang untuk menulis, maka menulislah sebanyak-banyaknya. Setelah banyak menulis sobat bisa menyimpan semua tulisan di draft. Jangan publikasikan langsung semuanya. sobat bisa mempostingnya saat sedang paceklik ide.Ya, dengan punya draft berlimpah, sobat punya lumbung ide dan artikel yang bisa pakai kapanpun. Misalnya...

  • Saat sobat perlu posting dengan tema yang sama, sobat tidak perlu mencari ide dari awal. Karena sobat sudah punya gagasan yang tinggal sobat gali lebih lanjut.
  • Saat sobat sangat sibuk sampai tak bisa mengupdate blog, lumbung tulisan ini akan sangat membantu sobat .

Dengan frekuensi menulis yang cepat sobat bisa membuat alur materi bacaan yang konsisten bagi pembaca sobat . Jadi sobat tidak cuma memberikan posting yang bermanfaat bagi pembaca sobat . Tapi sobat juga bisa menentukan waktu yang tepat kapan harus memposting suatu artikel. ”The right posting in the right time,” begitu kata orang Barat.

7. Tulis posting yang unik
Tulis hal yang unik. Agar, pengunjung menjumpai hal berbeda dalam setiap posting sobat . Tentu saja, jika sobat merasa tema itu belum cukup diulas, sobat bisa cari referensi yang lebih banyak untuk mengembangkan tulisan sobat .

8. Tulis posting yang berdasar riset
Sebelum menulis ada baiknya sobat melakukan riset kecil-kecilan atas tema yang sobat pilih. Ini perlu agar tulisan sobat terlihat hidup, nyata dan tidak fiktif. Selain itu, sobat tidak akan terjebak dengan pemakaian kata ”mungkin atau kira-kira.” Tahukah sobat kalau penggunaan kata-kata tadi bisa melemahkan posisi sobat ?
sobat  jadi terkesan tidak menguasai tema yang sobat tulis! Dan, pengunjung tidak akan percaya pada apa yang sobat tulis. Oya, pengunjung itu lebih suka blog yang isinya bukan cuma khayalan tapi benar-benar nyata dan bisa mereka terapkan.

9. Tulis posting yang ringkas
Kenapa sobat perlu membuat posting yang ringkas?

  • Sobat bisa menyampaikan pendapat dengan cara cepat. Pembaca tidak perlu meraba-raba apa yang ingin sobat sampaikan.
  • Pembaca bisa mendapatkan tips-tips yang sobat berikan secepat yang mereka inginkan. Mereka suka menghemat waktu dan enggan membaca hal yang tidak menarik minat.
  • Memberi kesempatan pada pembaca untuk membaca sesuatu yang berbeda Selain itu, posting ringkas akan membantu pembaca memahami dan menyerap apa yang sobat tulis. Juga memudahkan mereka membuat bookmark, share atau link ke posting sobat .

10. Tulis dengan bahasa yang sederhana
Gunakan bahasa yang paling sederhana. Tujuannya agar pembaca bisa cepat menangkap pesan sobat . Sehingga pembaca juga yang berniat menyampaikan pesan dalam tulisan sobat kepada orang lain juga lebih mudah.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.