AABI‍TALITA BLOG
1.19.2012

Karena Facebook Mark Zuckerberg menjadi pemuda terkaya didunia

Siapa yang gak tahu Facebook? Kalau nggak tahu, udah pasti tuh orang kuper abis, atau bisa  jadi baru dateng dari luar angkasa. Situs  ini  sekarang jadi situs pertemanan paling terkenal diseluruh dunia. Mulai dari anak kecil, orang tua, artis, hingga politikus mengakses situs ini. Saking terkenalnya, Facebook sekarang sudah menggunakan 57 bahasa dunia.
FACEBOOK diluncurkan pertama kali 4 februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Elliot Zuckerberg. Lelaki jenius ini lahir di New York, 14 mei 1984 dan besar dalam keluarga normal di Dobbs Ferry. Saat duduk di SMA Phillip Exeter Academy, mark membuat program komunikasi antar karyawan kantor ayahnya yang membuka praktek dokter gigi. Setelah itu dia menciptakan program pemutar musik  (music player) Synapse. Dari gagasan tersebut, perusahaan besar Microsoft dan AOL meliriknya. Mereka berebut ingin merekrut Mark sebagai pegawai. Tapi keduanya ditolak mentah-mentah dengan alasan ingin kuliah.
Tahun 2003, dia menciptakan Coursematch, situs yang membiarkan mahasiswa memilih kelas berisi teman- teman yang diinginkan. Lalu terciptalah ide jaringan sosial Facemash.com. Sebenarnya ia sengaja menciptakan situs ini sebagai bentuk protes situs resmi Harvard yang tidak mencantumkan direktori khusus untuk foto mahasiswa. Menurutnya justru dengan adanya foto dan data diri, seluruh mahasiswa bisa mengenal satu sama lain. Apesnya, Harvard minta situs ini ditutup. Mark diharuskan menghadap Departemen Pelayanan Jaringan Harvard dan membayar denda.
Karena dianggap membobol keamanan situs resmi universitas. Tapi dia gak patah semangat, tahun 2004 dia membuat program “The Rome o f august ” untuk membantu belajar ujian akhir untuk mata kuliah sejarah. Dari program ini, setiap mahasiswa dapat mengirim informasi dan komentar satu sama lain. Hasilnya belajar lebih cepat, praktis, dan mudah mengerti disbanding lewat buku biasa.
Berkat programnya, mark dan kawan sekelasnya mendapatkan nilai A, nilai terbaik sepanjang sejarah Harvard untuk mata kuliah sejarah. Kejeniusan Mark melesat seperti roket dia meluncurkan Facebook dari kamar asramanya di Harvard, 15 February 2004. dalam waktu yang relative singkat, dua pertiga mahasiswa Harvard aktif di Facebook. Kemudian, banyak permintaan dari kampus dan sekolah lain untuk gabung di Facebook. Puncaknya, empat bulan kemudian Facebook beranggota lebih dari 45 kampus dan sekolah di Amerika.
Sebenarnya ide original Facebook nggak datang ketika Mark kuliah di Harvard. Tapi, dia sudah memikirkannya ketika di SMA. Philips Exeter academy, tepat Mark sekolah, punya buku tradisi yang bernama “The Exeter Facebook”. Nah, dalam buku ini setiap siswa dan komunitas sekolah mengisi biodata mereka secara bergilir satu sama lain. Dari situ, Mark membawa ide Facebook ke internet.
Karena niat, dia menggandeng Dustin Moskovitz dan Crish Hughes teman sekamarnya mengembangkan Facebook. Lalu dia membuat keputusan terbesar dalam hidupnya, berhenti kuliah. Mark yang pengangguran pindah ke Palo Alto California. Berkat kegigihannya, pendiri Paypal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker memberikan investasi pertamanya. Akhirnya, agustus 2005 perusahaan Facebook resmi didirikan. Sayangnya, Mark mengembangkan perusahaannya sendirian, nggak bersama timnya lagi.
Facebook berkembang sangat pesat. Saat ini tercatat 175 juta pengguna aktif yang mengaku jatuh cinta dengan aplikasi dan fasilitasnya. Facebook pun kebanjiran uang.
Tiba-tiba, teman sekelasnya Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss menuduh Mark meniru, mereka mengklaim Mark mencuri ide mereka mulai dari design, rencana bisnis dan source code. Apalagi menurut penjelasan mereka, mark pernah disewa untuk menyelesaikan situs mereka, connectU. Sayangnya gugatan ini ditentang pengadilan.
Kontroversi seputar Facebook terus berlanjut. Friendster mengajukan tawaran membeli situsnya seharga 10 juta USD. Yang paling mencengangkan dia menolak Viacom dan yahoo! Dengan harga fantastis sebesar 1 milyard Amerika. Berkat prestasinya, Time Magazine mendeklarasikan Mark dalam seratus orang paling berpengaruh. Sedangkan Forbes mengklaim dirinya di posisi ke-321 dari 400 orang terkaya di Amerika dengan total kekayaan yang sama dengan Oprah Winfrey sebesar 1,5 milyar USD.

Dikutip dari Media Komunikasi Indosat Front Liners, Edisi Februari-Maret 2011 p.22

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.