AABI‍TALITA BLOG
8.31.2010

Cara mengganti Template Bogger

Bagaimana cara mengganti template blogger/blogspot? Dulu saya sempat merasa kerepotan ketika menganti template blogger karena ketika sudah mengupload xml template baru, selalu ada peringatan untuk menghapus widget. Jika hanya satu dua widget yang ada di sidebar tentunya tidak jadi masalah, namun jika anda tipe blogger yang suka menembel banyak atribut di sidebar tentunya lebih ribet lagi. Lalu bagaimana solusinya?

Cara pertama adalah dengan mem-backup (copy paste) semua kode HTML di sidebar ke notepad termasuk link di blogroll kemudian memasangnya lagi satu persatu. Tetap saja cara ini menyusahkan, bayangkan berapa banyak link berapa banyak kode banner yang harus di-copast lalu dipasang lagi?

Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih widget selalu terhapus kalau kita upload template baru? Sekedar informasi, kenapa widget tersebut bisa terhapus? Karena widget yang ada di xml template lama kita belum ada di xml template baru yang kita upload. Sudah menemui titik terang saudara?

Berdasarkan hal tersebut maka cara mengganti template blogger yang aman dengan tidak menghilangkan widget adalah sebelum template baru di upload, maka harus meng-copy widget dari xml template lama dan memasangnya di xml template baru yang akan diupload.

Berikut langkah-langkah praktisnya :

  • Terlebih dahulu download template lama, klik pada Download Full Template
  • Gunakan notepad ++ untuk meng-edit
  • Buka template lama dengan notepad ++
  • Copy semua kode widget yang ada, misal untuk widget di sidebar copy kode antara
<div id='sidebar-wrapper'>
<b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>

(COPY SEMUA KODE DI AREA INI)
</b:section>
</div>

Lanjutkan untuk kode widget di elemen lain.
  • Buka xml template baru yang akan di-upload
  • Paste semua kode yang sudah di-copy dari template lama ke template baru. Copy saja di antara elemen sidebar nantinya bisa di edit lagi melalui page element
  • Save template baru yang sudah di edit
  • Upload template baru yang sudah di edit ke blog, kemudian save dan berdoa semoga widget nya tidak hilang :D
Selamat Mencoba......

2 komentar

makasih banyak ya...bermanfaat sekali ilmunya.. salam kenal
saya coba ah..

sama sama sob,,trims sdh mampir..:)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar sesuai topik. Menuliskan link aktif tidak akan ditampilkan dalam komentar.Terima Kasih.